Selamat Datang di Ikatan Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda

Niel Makinuddin (85) dan Tien Wahyuni (88) Narasumber Dialog Interaktif “Energi Hijau untuk Indonesia” Yang Digagas LAN-RI


Niel Makinuddin (85) dean Tien Wahyuni (88) hadir Sebagai Narasumber dalam Acara Dialog Interaktif yang membahas “Energi Hijau untuk Indonesia”. Kegiatan ini  dilaksanakan 7 Desember yang merupakanhari terakhir pelatihan Reform Academy Leaders (RLA) Angkatan XVI yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia.  Hadir pula sebagai narasumber Tri Widodo Utomo, PhD (Deputy Bidang Inovasi LAN-RI)

Pelatihan Kepemimpinan ini diikuti oleh sebanyak 25 peserta yang berasal 6 propinsi (Kaltim, Kaltara, Kalteng, Kalsel, Kalbar dan Bangka Belitung) dan pejabat Kementerian LHK. Pelatihan ini dimulai pada 13 Agustus dan berakhir pada 7 Desember kemarin.

Semangat dan tujuan pelatihan ini adalah mengarusutamakan (mainstraiming) pembangunan dan pelayanan public berbasis kesadaran lingkungan (green and sustainable development). Paradigma pembangunan dan pelayanan hijau ini sudah seharusnya menjadi paradigma dan praktek dari secara individual maupun secara institutional Aparatur Sipil Negara (ASN).


Para peserta diharapkan menjadi Champion di masing-masing propinsi yang terus merawat dan aktif mengkapmanyekan paradigma ini baik secara Pribadi maupun berjejaring (network).
Para narasumber menyambut baik, memberikan apresiasi tema dan tujuan pelatihan ini yang mengusung pembangunan hijau (berkelanjutan) lebih khusus topik “Energi Hijau untuk Indonesia”.

Hal lebih penting adalah tindak lanjut dari pelatihan ini yakni adanya gerak perubahan baik di tingkat kebijakan maupun praktek yang lebih hijau.  Nasarumber mendorong pelibatan para tokoh agama dan pemangku kepentingan strategis lainnya agar gerakan ini menjadi gerakan public yang terus membesar. Terlampir (klik disini) adalah Policy Paper yang dibahas dan didiskusikan dalam kgiatan dialog interaktif yang dipandu oleh Marga Rahayu, moderator professional dari RRI Samarinda.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates