Selamat Datang di Ikatan Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda

Realisasi Program Kerja IKA Fahutan Unmul Sampai Dengan Bulan Maret 2019



Progress capaian, output dan outcome dari program kerja pengurus IKA Fahutan periode 2018 – 2019 hingga bulan Maret 2019 sebagai berikut:

     A.     Program Kerja Kelembagaan

1.      Program Capacity Building

1.1.On Job Training

IKA Fahutan telah melakukan pendekatan dengan bersurat ke beberapa perusahaan perkayuan di Kaltim terkait kegiatan OJT atau magang bagi lulusan Fahutan. Beberapa perusahaan yang telah memberi jawaban, antara lain:

a.  PT. Intertropic Aditama dan telah memberikan respon positif dengan menindaklanjuti memanggil peserta magang berjumlah 4 alumni pada akhir bulan Maret 2019.
b.  PT. Inhutani juga telah berkomunikasi untuk memberi kesempatan kepada fresh graduate dalam rencana perekruitan pegawai baru, dengan melakukan proses seleksi berkas pengajuan dan penyaringan calon.
c.  PT. Barito Nusantara Indah, 2 orang fresh graduate – kontrak 5 tahun dan 5 calon baru untuk program OJT dalam taraf seleksi berkas
d. Sementara beberapa perusahaan lain, masih menunggu keputusan dari pihak managemen pusat.

1.2.  Workshop & Training, masih melakukan penjajakan tentang pelatihan usaha karet rakyat dan usaha kerajinan Kaltim
1.3.  Seminar dan FGD

2.      Program Konsolidasi Alumni

IKA Fahutan menjalin komunikasi dengan IKA-IKA Cabang dengan membentuk grup whatsapp Konsolidasi IKA Fahutan. Grup whatsapp tersebut terdiri dari Ketua dan pengurus IKA-IKA Cabang yaitu: IKA Cab. Jabotabek; IKA Cab. Berau; IKA Cab. Balikpapan; IKA Cab. Pasir; IKA Cab. Kaltara. Tahap awal, kami mengumpulkan seluruh data profile IKA-IKA Cabang, serta menyebarkan informasi dan program kerja melalui pengurus-pengurus IKA Cabang.

3.      Program Database Alumni Secara Online dan e-KTA IKA Fahutan

Pengumpulan data alumni Fahutan UNMUL dilakukan secara online dengan link https://bit.ly/2yTC1Kv . Saat ini telah terkumpul data alumni sebanyak 1.144 nama alumni (17 Maret 2019). Akhir bulan Pebruari 2019, pihak Fakultas Kehutanan telah menghubungi pengurus IKA Fahutan terkait penggunaan data tersebut untuk keperluan data akreditasi Fahutan. Pihak IKA masih menunggu berita dari pihak Fakultas Kehutanan untuk penggunaan data alumni tersebut lebih lanjut.

Pengumpulan data alumni yang berminat dengan e-KTA bekerjasama dengan Bank Mandiri, dilakukan sejak awal Desember 2018 dengan biaya resmi dari pihak IKA sebesar Rp. 120.000,- (Terdiri dari biaya cetak sebesar Rp. 50.000,-, untuk biaya pengiriman kembali e-KTA tersebut dan biaya-biaya kepengurusan kerjasama dengan vendor/merchant).

Penyerahan data pertama ke pihak Bank Mandiri dilaksanakan pada tgl. 3 Pebruari 2019. Penyerahan e-KTA cetak pertama telah dilakukan pada tgl. 1 Maret 2019 sebanyak 469 kartu dari 500 kartu yang direncanakan. Saat ini sedang dilakukan pendistribusian e-KTA ke alumni-alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Pencetakkan akan terus dilakukan bagi alumni-alumni yang belum mendaftar.

4.   Website IKA

Dalam rangka penyebaran informasi kegiatan di kepengurusan IKA Fahutan UNMUL melalui media sosial, IKA Fahutan telah bersurat ke pihak Fak. Kehutanan pada tgl. 3 Desember 2018 dengan no. surat 01/PP-IFU/XII/2018 perihal permohonan Subdomain. Hasil tindak lanjut dari surat tersebut menu alumni yang berada di website Fahutan Unmul telah ditautkan ke alamat blog IKA Fahutan Unmul menjadi https://ikafahutan-unmul.blogspot.com. Sementara permohonan subdomain dari alamat web Fahutan Unmul sehingga blog IKA Fahutan dapat menggunakan ac.id, hingga laporan ini dibuat pihak Fahutan belum memberikan alamat website resmi. Kami masih menunggu berita dari pihak Fakultas bersamaan dengan penyerahan data alumni untuk akreditasi Fahutan.


     B.      Program Kerja Pengelolaan Hutan dan Pengembangan Usaha

1. Rumah Subsidi

Upaya pengadaan lahan untuk rumah subsidi terus dilakukan melalui beberapa survey lokasi. Beberapa kendala-kendala yang dihadapi adalah:

1). Legalitas kepemilikan tanah/lahan menjadi hal yang paling penting, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Beberapa tawaran tanah/lahan yang masuk masih berstatus pelepasan hak bukan SHM (Sertifikat Hak Milik);
2). Kondisi topografi yang sulit dari tanah/lahan yang ditawarkan;
3). Kesesuaian harga tanah/lahan yang  pantas bagi program rumah subsidi.

2. Program Hutan Alumni

Diskusi tentang kelanjutan pengelolaan Hutan Alumni dilakukan pada beberapa rapat pengurus IKA Fahutan. Dari hasil rapat tgl. 16 Maret 2019 akan dibentuk tim khusus yang menangani hutan alumni dan akan dilakukan diskusi dengan pihak Dishut untuk rencana survey lapangan.

3. Program Usaha IKA

IKA Fahutan menjalin komunikasi dengan para alumni yang berprofesi sebagai entrepreneur dengan berbagai bidang usaha, dengan membentuk grup whatsapp Bisnis IKA Fahutan. Grup whatsapp tersebut terdiri dari para alumni yang memiliki usaha mandiri.
IKA Fahutan melalui bidang usaha telah melakukan rapat perdana pembentukan koperasi (19 Pebruari 2019) dan rapat sosialisasi penyuluhan pembentukan koperasi bersama dengan Dinas Perindagkop dan UKM, Prop. Kaltim (26 Pebruari 2019). Saat ini, pengurus IKA memfasilitasi para calon pengurus koperasi untuk melengkapi persyaratan dan dokumen pembentukan koperasi yang bernama Rimbawan Mulawarman Jaya.

     C.      Program Kerja Bina Lingkungan dan Sosial :

1. Kegiatan Lingkungan Hidup
 Terlibat dalam kegiatan hari bakti kehutanan pada tgl. 16 Maret 2019 yaitu kegiatan penanaman

2. Kegiatan Keagamaan
Ikut berkontribusi dalam kegiatan renovasi musholla Al Fath, Kampus Fahutan, UNMUL.

3. Kegiatan Sosial Kemasyarakatan
Ikut terlibat dan berkontribusi memberi bantuan bagi bencana gempa Palu dengan mengirimkan sejumlah bantuan dana hasil solidaritas alumni sebesar Rp. 16 juta.

     D.     Program Kerja Penelitian dan Pengembangan

1. Kerjasama Penelitian Dengan Mitra
  
    Belum terlaksana

2. Inovasi Sumber Daya Hutan

Wacana untuk terlibat dalam kegiatan reklamasi lahan bekas tambang, berupa   teknologi penanganan reklamasi dan revegetasi lahan bekas tambang

1 komentar :


  1. Domino206 dengan Link Hoki Se Asia , Fair Play 100% MUDAH MENANG ! BANJIR KEMENANGAN BESAR !!
    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya Terbaik ^^ Keunggulan :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar 89.9%
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At -DOMINO99VIP(.)net
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    - LINE : DOMINO206
    - SKYPE : domino206

    Link Alternatif :
    DOMNO99VIP. net
    PELANGIDOMINO. INFO
    PELANGIDOMINO. NET

    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^^

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates