Yth.
Para alumni Fahutan Unmul,
Notulensi
hasil pertemuan perdana pengurus IKA:
Pertemuan
perdana pengurus IKA periode 2018 – 2021 telah dilaksanakan pada hari Sabtu,
tgl. 3 Nopember 2018 pada pukul 09.00 – 15.00 bertempat di ruang Bangkirai
Kampus Fahutan Unmul. Pertemuan ini selain merupakan ajang silaturahmi para
pengurus baru untuk saling mengenal,
juga membahas dan mendiskusikan tentang:
1.
Pemantapan struktur pengurus dan melakukan
penyesuaian-penyesuaian minat, bidang serta keahlian pada bidang-bidang dari
program kerja yang akan dilaksanakan. Komitmen dan konsistensi pengurus untuk
terlibat aktif sangat diharapkan.
2.
Penjelasan program kerja berdasarkan hasil munas
VII 28 September 2018 dan program strategis prioritas yang segera dilaksanakan
menurut timeline untuk mendukung program-program kerja pendamping lainnya
yaitu:
a. Program
rumah subsidi dan kontribusinya bagi alumni dan bagi organisasi, penjelasan dan
progressnya oleh Ketua Umum. Program ini akan menjadi motor penggerak untuk
menggerakkan kegiatan-kegiatan lain pada bidang-bidang dari program kerja
b. Program
On Job Training (OJT) atau magang fresh
graduate sudah diinisiasi dan sedang berproses. Setelah pemaparan OJT pada
16 Oktober 2018 yang difasilitasi oleh APHI serta mendapat dukungan, respon dan
tanggapan dari beberapa IUPHHK-HA, akan segera dilakukan penandatanganan nota
kesepahaman (MoU) dengan APHI dalam waktu dekat. PIC dalam kegiatan ini
didukung oleh sdr. Santo Prabowo 85 dan beberapa alumni yang berada di
IUPHHK-HA. Diharapkan MoU tersebut akan melibatkan 3 pihak yaitu IKA, Fahutan
Unmul dan APHI.
Dengan pendataan alumni
secara cepat dan mudah diakses oleh alumni dimanapun memudahkan untuk melakukan
upaya konsolidasi organisasi.
d. Blogspot (http://ikafahutan-unmul.blogspot.com/?m=1)
dan website pengurus IKA telah dan sedang dibuat dan terus dilakukan
penyempurnaan untuk mendukung dan memperkuat bidang kelembagaan dan organisasi
IKA. Data online alumni dan blogspot dikreasikan atas dukungan sdr. Sigit
Sigalayan 85 dan tim di bidang kelembagaan.
e. Untuk
mendukung upaya kelembagaan akan dibuat kartu
anggota IKA yang memiliki banyak manfaat dalam penggunaannya yaitu sebagai
kartu kartu multiuse bekerjasama dengan beberapa vendor seperti Garuda,
Indomart, 21, Esti Denz Art, Warung Samarendah,
XXMART, hotel-hotel, rumah sakit/klinik, apotik dan vendor-vendor milik
alumni lainnya yang dapat dikerjasamakan. Proses kerjasamanya akan dilakukan oleh
tim di bidang Sosial Kemasyarakatan yang dipimpim oleh sdri. Yanik Wahyu
Handayani 87, Esti Ponwinarni 94, Panji Pradharma 89, Stevy Franky 95 dan
Zainal 95 dan didukung oleh Gafuri Achmad dalam desain kartunya.
f.
Kerjasama dengan bank dalam pembuatan kartu ATM
berlogo IKA. Bank BNI telah memberi respon untuk pertemuan dengan IKA pada hari
selasa, 6 Nopember 2018 untuk membahas lebih lanjut.
g. Bidang
pengelolaan hutan dan pengembangan usaha:
Hutan alumni akan dilakukan pembenahan dalam pengelolaannya dengan
mendapat dukungan dari kerjasama yang diinisiasi oleh sdr. Nuripto 88 dan
melibatkan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) seperti Mapflofa. Ide-ide yang
dipaparkan mendapat tanggapan positif dan akan terus difasilitasi penuh dalam proses
konsultasi dan dokumen pendukung untuk proses pengelolaan lebih lanjut.
h. Ide-ide
pengembangan usaha telah dan sedang diinisiasi dalam setiap pertemuan rutin
hari sabtu di sekretariat IKA. Alumni-alumni yang berminat diharap bisa ikut
terlibat dan dimotori oleh sdr. Hendry Akok 88 dan tim pengembangan usaha.
i.
Kegiatan-kegiatan lain berupa konsolidasi dengan
para alumni IKA-IKA cabang akan dilakukan dan berkoordinasi kembali dengan
IKA-IKA cabang.
j.
Kegiatan-kegiatan di bidang bina lingkungan dan
sosial kemasyarakatan menyesuaikan dengan event dan moment rutin tiap tahun.
k. Pengelolaan
gedung sekretariat akan dibenahi dan penunjukkan petugas dan penjaga gedung
menunggu kesepakatan dengan mahasiswa yang ditunjuk melalui pembicaraan dengan
sdri. Nur Maulida Sari
l.
Rekening resmi IKA akan diterbitkan rekening
baru agar urusan pencetakkan buku tabungan lbh efektif karena terjadi perubahan
posisi bendahara.
m.
Rapat Kerja dijadwalkan setiap 3 s.d 6 bulan
sekali atau tiap semester. Sementara rapat bidang dan diskusi terfokus pada
kegiatan-kegiatan dapat dilakukan setiap diperlukan. Diskusi-diskusi informal
dapat dilakukan di grup whatsapp pengurus.
Demikian
hasil pertemuan perdana pengurus IKA, agar dapat diketahui dan dilaksanakan
sesuai dengan waktu yang disepakati. Semoga informasi ini bermanfaat.
Salam,
Sekretaris
Umum
Posting Komentar